Rabu, 28 Desember 2011

LG Optimus 2X


LG meng-klaim produknya sebagai ponsel dengan prosesor Dual Core pertama di dunia.Meskipun tidak begitu tepat, mengingat sejumlah produk komunikator Nokia sudah menggunakan dua prosesor terpisah, dan kebanyakan posel pintar telah memisahkan kerja grafis di chip prosesor yangberbeda, LG seakan tak mau ketinggalandalam membuat gebrakan.
 

Desain
Dimensi 123.9 x 63.2 x 10.9 mm; Bobot 139 g; candybar; Tombol sensitif sentuh di bawah layar (submenu, home, back dan search)

Sekilas tampil mirip iPhone, elegan dan minimalis. Hanya saja lebih panjang dan bingkai layar lebih lebar. Optimus 2X memiliki desain yang ergonomis dengan sudut membulat dan bobot yang tak cepat membuat lelah ketika terus digunakan. Pada bodi bagian belakang, kita dapat menemukan “landasan skateboard”, terbuat dari semacam alumunium yang menanjak di sisi sebelah lensa kamera & flash.  Selain beberapa tombol fisik, Optimus 2X dibekali juga dengan touch sensitive button.

Layar
TFT sentuh kapasitif 16 juta warna, 480x800 piksel, 4 inci; Gorilla Glass
Respons multitouch pada layarnya yang sangat lebar ini benar-benar mengagumkan! Belum lagi dukungan Graphic Processor Unit ULP GeForce serta chipset Tegra 2 yang membuat detil pada gambar jelas terlihat, selain gerakan pada video yang tetap tajam. Jika dibandingkan dengan Retina Display milik iPhone4, tampilan Optimus 2X hanya kalah pada kontras dan kejelasan pandangan dari sudut tertentu; dan bisa dikatakan hampir sejajar dengan Super Clear LCD milik Samsung.

Sistem Operasi dan Antarmuka
Android 2.2.2 Froyo; Antarmuka standar Android dengan kostumisasi LG
Android LG selama ini memiliki beberapa ciri khas seperti pada tray di notofication bar yang sekaligus menjadi tempat-tempat meletakkan beberapa shortcut. Selain profil (dering/hening), WiFi, Bluetooth, GPS dan mengunci akselometer layar, informasi mengenai lagu yang sedang dimainkan juga akan tampil di sini lengkap dengan kontrol serta album art. Selain itu LG tetap masih menggunakan pengelompokan aplikasi antara yang bawaan dengan hasil download.

Fitur
App Advisor, F-Secure Mobile Security, Polaris Office, SmartShare
App Advisor berbeda dengan yang dimiliki produk senegara mereka, Samsung Apps. Fitur ini hanya berfungsi sebagai pengumpul aplikasi-aplikasi yang terdapat di Android Market yang direkomendasikan bagi Anda, namun PULSA merasa ini tak terlalu membantu.F-Secure Mobile Security adalah perangkat antivirus dan sejenisnya yang akan melakukan pemindaian tiap kali kartu microSD dimasukkan, ada aplikasi baru yang ditambahkan, atau saat terjadi pertukaran data lainnya. Jangan lupa melakukan update dengan rutin.

Polaris Office merupakan fitur standar baca dan sunting dokumen. Anda bisa memilih opsi membuat file cadangan (back-up) hingga pivot lock. Sedangkan SmartShare adalah fitur berbagi yang memanfaatkan DLNA. Nantinya Anda bisa memainkan musik atau video di televisi Anda yang mendukung DLNA dan sudah terhubung dengan ponsel.

Benchmarking
Menggunakan Quadrant Standart Edition dengan hasil 2503
Sebenarnya tak terlalu mengejutkan melihat hasil yang diperoleh Optimus 2X. Poin ini bahkan jauh meninggalkan Nexus S yang berada di peringkat kedua dengan kisaran poin <1500.

Kamera
Utama 8MP (3264x2488), Depan 1MP (1280x960) Geo-tag, deteksi wajah & senyum, penstabil gambar, Mirror, beauty/art/stitch/out-focusing shot, Auto/Manual Focus, ISO 100-800, lampu kilat; video Utama Full HD (1920x1088), Depan VGA (640x480)
Kamera yang disematkan apda Optimus 2X ini memiliki fasilitas sangat lengkap, seperti fokus manual yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan ruang kedalaman (depth of field), juga opsi untuk menggunakan kamera depan, baik dalam modus foto maupun video.

Hasil Foto

Hasil kameranya biasa-biasa saja, namun berbagai fitur yang disediakan dapat Anda maksimalkan untuk mendapatkan hasil yang lebih artistik. Seperti yang PULSA lakukan dengan mencoba modus Out-focusing di mana titik yang fokus hanya pada bagian tengah foto. Atau stich shot yang akan mengambil dengan cepat obyek dan menyusunnya secara vertikal.
Â
Internet
HSDPA 10.2 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, WiFi (dan WiFi Hotspot), Browser HTML, Flash Player 10.1, multi-windows browsing, pinch zooming, RSS feeds
Pengalaman berinternet menggunakan Optimus 2X sangat menyenangkan. Kemampuan multisentuh dan perbesaran menggunakan cubitan yang didukung spesifikasi hardware mumpuni membuat segala macam tugas yang diberikan mampu dilaksanakan dengan baik dan cepat. PULSA mencoba membuka situs web Kaskus untuk menguji kemampuannya dalam membuka Spoiler berisi gambar, ternyata sensasi yang diberikan sama seperti kita menggunakan PC. Kanal data cepat kelas HSDPA dan HSUPA, WiFi serta kemampuan Thetering makin membuatnya optimal.

Audio/Video
Mampu memutar format MP3/WAV/WMA/eAAC+ dan DivX/Xvid/MP4/H.264/H.263/WMV
Fitur pemutar Audio yang dimiliki Optimus 2X ditopang dengan berbagai penyeimbang yang ada, mulai dari Virtual Surround hingga XtraBass. Walau setiap ekualiser akan memmberikan pengaruh, namun PULSA merasa keluaran suaranya biasa saja. Malah jika disetel maksimal terasa cempreng dan sangat mengganggu. Padahal jika kita mengaktifkan Virtual Surround, suara dari speaker stereo yang terletak di bawah akan menjadi optimal; namun tetap saja belum maksimal. Patut disayangkan mereka tidak menggandeng Dolby seperti yang dilakukan pada beberapa seri terdahulu.

Untuk video player tidak ditemukan masalah. Kemampuannya membaca banyak format membuat Anda makin leluasa menonton video di televisi dengan bantuan HDMI.

Fitur Lain
Google Car Home,
LG mengumpulkan beberapa fungsi seperti Navigasi, Telepon, Peta, Pencarian Suara, Kontak dan Musik dalam satu menu. Awalnya nama 'Car Home' PULSA kira merupakan aplikasi navigasi eksklusif milik LG. Namun ternyata fitur ini diperuntukkan untuk memudahkan Anda ketika sedang mengemudi. Oh ya, sebelum memaksimalkan fungsi pencarian suara, lakukan pengaturan dulu ke Bahasa Indonesia.
(+)
Dual Core
GPU GeForce & chipset Tegra 2
Performa multitouch sangat baik
Kinerja ponsel optimal
Fitur & fasilitas kamera lengkap
Memori internal 8GB dengan dukungan microSD
(-)
Tanpa dukungan produsen suara & lensa kamera ternama
Keluaran suara kurang optimal
Kamera tanpa tombol rana
Tidak disertai navigator eksklusif

Kesimpulan
Optimus 2X lebih tepat jika disebut sebagai ponsel Android berprosesor ganda pertama yang menyematkan clock speed 1GHz. Lebih panjang, tapi lebih tepat! Ke depannya, Anda akan sering mendapatkan ponsle dengan spesifikasi seperti ini. Yang pasti Ponsel ini akan sangat membantu pekerjaan Anda baik bisnis maupun untuk hobi, dengan kinerja memuaskan dan stabil. Kekurangan di sektor keluaran suara masih dapat diatasi dengan menggunakan headset baik via jack 3.5mm maupun  Bluetooth A2DP.

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan

adf.ly - shorten links and earn money! My Popularity (by popuri.us)
 
© 2011 ☺i-Tech☻ | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Helmi Amirudin | Based on Android Developers Blog