Senin, 04 Juli 2011

Cara Mendapatkan Uang Dari Menjual Link Di blog


Catatan: yang saya maksud paid link di sini adalah link yang terpasang sebagai blogroll atau link lain dalam bentuk sederhana yang diletakkan di sidebar sebuah blog, atau di bagian halaman depannya saja, bukan link di dalam postingan/review.
Menjual link (blogroll) adalah salah satu cara paling mudah menghasilkan uang dari sebuah blog, apalagi jika blog kita punya pagerank (PR) yang tinggi. Pagerank adalah ranking sebuah blog di internet, dilihat dari sejumlah indikator, termasuk kualitas, popularitas, backlinks dan sebagainya.
Berdasarkan pengamatan saya di dunia bisnis blog selama ini, jika sebuah blog sederhanapunya PR3, harga rata-rata sebuah linknya adalah sekitar $30-$50 per tahun. Ini hanya harga rata-rata, karena acapkali juga kita bisa mendapatkan advertiser yang membeli link dengan harga yang cukup tinggi. Apatah lagi jika blog kita punya PR7 atau PR8. Wow, dahsyat!
Nah, berapa link yang bisa kita jual dari sebuah blog? Pertanyaan yang bagus. Sejatinya tidak ada yang melarang kita menjual link sebanyak apapun di sebuah blog, makanya penghasilan sebuah blog hanya dari menjual link saja sudah bisa luar biasa. Saya pernah coba menghitung potensi sebuah blog PR3 hanya dari paid link saja sudah bisa menghasilkan uang sekitar 10 juta rupiah!
Hanya saja, ada sejumlah pertimbangan mengapa kita dianjurkan untuk membatasi penjualan link di sebuah blog. Di antaranya adalah, jika sebuah blog memiliki terlalu banyak link yang mentaut situs lain, maka kemungkinan besar blog tersebut akan dipenalti (suspended) oleh Google.
Google sebenarnya tidak membolehkan praktek jual beli link untuk meningkatkan popularitas dan ranking sebuah situs, apalagi jika link yang terpasang di blog kita mengarah kepada situs lain yang tidak relevan dengan konten blog kita, terutama yang berbau pornografi (porn), obat-obatan terlarang (pharma) dan judi (gambling).
Makanya, banyak advertiser yang menghendaki link yang dia pasang tidak diberikan judul sebagai paid links, sponsored links, dan nama lain yang bisa mengindikasikan bahwa link tersebut adalah link berbayar.
Selain itu, jika sebuah blog sudah memiliki lebih dari 20 link yang mengarah ke luar blog tersebut (outbound links/outgoing links), maka para pembeli link (advertiser) biasanya sudah enggan membeli link lagi di blog itu. Kalaupun mereka mau beli link, biasanya harga yang mereka tawarkan sudah jauh dari harga normalnya. Anda mau? :)
Pertimbangan lain untuk membatasi jumlah link berbayar di blog kita adalah untuk membuat pengunjung (visitor) masih tetap nyaman dengan tampilan blog kita, karena tidak terlalu terpapar dengan berjubel link yang mereka tidak perlukan sama sekali.
Secara umum, semakin sedikit jumlah link berbayar di sebuah blog, maka semakin tinggi harga link yang bisa terjual dan akan semakin aman blog tersebut dari ancaman banned dari mesin pencari.
Nah, bagaimana caranya menjual link di blog kita? Secara umum ada 2 cara, yaitu:
  1. Secara langsung mencari calon pembeli link (advertiser) melalui forum-forum webmaster di internet atau menunggu tawaran pembelian link yang datang secara langsung ke blog kita melalui halaman kontak (inilah pentingnya menambahkan halaman CONTACT US di blog kita), atau alamat email dari WHOIS domain blog kita.
  2. Secara tidak langsung, bisa melalui perusahaan paid links yang bertindak sebagai perantara (broker), atau melalui seseorang yang bekerja sebagai links broker. Hanya saja, biasanya harga broker relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga link melalui penawaran langsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan

adf.ly - shorten links and earn money! My Popularity (by popuri.us)
 
© 2011 ☺i-Tech☻ | Except as noted, this content is licensed under Creative Commons Attribution 2.5.
For details and restrictions, see the Content License | Recode by Helmi Amirudin | Based on Android Developers Blog